About wscWhy WSCCara minum WSCCara BelanjaArtikelTips diet

Obesitas mampu memicu risiko osteoporosis

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa obesitas bisa menjadi faktor risiko penyakit osteoporosis.
Peneliti dari Amerika Serikat tepatnya menemukan bahwa beberapa orang yang kelebihan berat badan ternyata memiliki lemak yang tersembunyi di tulangnya. Kondisi tersebut pun memicu risiko pelemahan tulang.

Sekitar 106 responden dilibatkan dalam penelitian yang dilakukan tim ahli dari Harvard Medical School. Hasilnya kemudian dilaporkan dalam jurnal Radiology.

Sebagaimana dilansir dari BBC, hasil scanning yang dilakukan membuktikan kalau penderita obesitas memiliki lemak tersembunyi di sekitar hati, otot, dan tulang belakang. Menurut Dr Miriam Bredella selaku salah satu peneliti, seseorang dengan bentuk tubuh buah pir (besar di pinggang) diduga memiliki risiko osteoporosis yang lebih tinggi.

"Jika tulang belakang penuh lemak, maka bagian tersebut akan melemah dan meningkatkan risiko osteoporosis," papar Dr Bredella.

Sebelumnya, obesitas diperkirakan mampu melindungi tulang dari pengeroposan. Namun ternyata hal itu tak sepenuhnya benar, terutama jika lemak bersembunyi di bagian tulang yang krusial.
Cara satu-satunya tentu saja penderita obesitas harus berusaha menurunkan berat badannya. Lagipula, selama ini obesitas juga sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Sehingga menjaga berat badan seimbang sangat dianjurkan.

sumber  : http://www.merdeka.com/sehat/obesitas-mampu-memicu-risiko-osteoporosis.html
Title: Obesitas mampu memicu risiko osteoporosis; Written by igmabudi; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Testimoni WSC Biolo